Nyasar di Jurusan Kuliah

Stephanie (Foto: dok. pribadi)
Jurusan Kuliah
KULIAH itu, kalo menurut gue, merupakan sebuah kegiatan ketika kita melanjutkan sekolah kembali, namun dengan suasana dan lingkungan yang benar-benar berbeda. Tujuan kuliah sendiri, yaitu buat mematangkan diri dan menyiapkan diri ke dalam dunia kerja. Jadi secara tidak langsung pasti berkaitan dengan masa depan gue.


Berbicara soal masa depan, bangku kuliah memang cukup berpengaruh besar dalam menentukan kita menjadi apa ke depannya. Tentunya, jurusan kuliah yang kita pilih juga menentukan jadi apa kita ke depannya pula. Tapi, bagaimana kita salah memilih jurusan dalam bangku perkuliahan?

Beberapa universitas memang memberikan ”sedikit’ kelonggaran untuk mahasiswanya yang apabila kurang cocok pada jurusan yang dia pilih, dapat berpindah ke jurusan yang lainnya. Namun, yakin pindah? Selain membutuhkan sedikit biaya tambahan, kita juga enggak dapat seenaknya berpindah jurusan dalam kurun waktu sesuka hati kita. Gue sempat mencari tahu prosedur berpindah jurusan. Ternyata, apabila ingin pindah jurusan juga ditentukan IPK-nya serta semester berapa baru boleh pindah.

Ribet yah? Tentu saja. Belum lagi kita harus melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan serta harus registrasi sana-sini lagi. Untuk itu, diharapkan kepada teman-teman yang saat ini menduduki bangku SMA maupun SMK kelas tiga dapat memikirkan dengan matang kira-kira jurusan apa yang dapat dan sanggup diikuti. Ketahui potensi serta kemampuan diri teman-teman guna memilih jurusan yang tepat.  Selain itu, cari tahu juga tentang seluk-beluk jurusan yang akan dipilih oleh teman-teman sekalian.

Jangan pernah memilih suatu jurusan hanya dengan alasan ikut-ikutan teman, ataupun karena jurusan tersebut banyak peminatnya. Percaya deh, peminat banyak belum tentu menjanjikan di dunia kerja nantinya. Yakinkanlah kepada diri sendiri, ”Kalo lo mau dan lo serius, lo pasti bisa.”

Dan yang terakhir, berdoa kepada Yang Maha Kuasa, agar jurusan yang kita pilih adalah benar dan sudah tepat dan terbaik untuk teman-teman.

”Sukses tidaknya kita ke depannya nanti, ditentukan oleh apa yang kita lakukan saat ini.”

Stephanie
Siswi Kelas 3 IPS
SMA Dharma Putra
(//rfa)

(http://kampus.okezone.com/read/2013/02/18/367/763216/nyasar-di-jurusan-kuliah)

Berita lain klik disini  

No comments:

Post a Comment