Contoh Soal Ujian Akhir Semester Kelas VII Mapel Bahasa Jawa

Add caption
Kali ini saya akan menshare contoh soal ujian akhir semester kelas VII mata pelajaran bahasa Jawa. Sudah tidak asing lagi, bahwa bahasa Jawa yang notabene merupakan salah satu bahasa daerah yang menjadi muatan lokal wajib di Propinsi Jawa Tengah akhir-akhir ini sudah tidak diminati oleh anak-anak era sekarang. Bukan saya terlalu pesimis, melainkan jika saya tilik sendiri melalui beberapa anak sekolah yang tinggal baik dirumah, maupun di kos-kosan, seringkali saya menjumpai banyak anak yang mengeluhkan tentang sulitnya mapel ini.

Yah, saya sendiri dulu ketika sekola juga sering berkeluh kesah tentang mapel satu ini, namun itu hanya pada bagian tertentu, yakni sastra yang memang membutuhkan skill khusus untuk menguasainya. Namun yang saya prihatinkan ialah ana sekarang yang sudah berkeluh kesah pada bagian dasar ketika belajar. Saya tidak bisa menyalahkan apakah hal ini terjadi akibat buruknya sistem pendidikan, mutu para pendidik, bahan ajar, bahkan peserta didik itu sendiri.
Yang jelas disini saya sebagai calon pendidik harus mengetahui betul apa yang dibutuhkan oleh seorang peserta didik guna memperoleh ilmu sebanyak-banykanya guna masa depannya. Disini saya hanya ingin menambahkan saja untuk mengetahui hasil sebuah proses pembelajaran diperlukan pula alat ukur hasi pembelajaran yang tepat pula.Jadi pada intinya saya ingin menshare hasil olah pikir saya bersama teman kuliah dan para praktisi pendidikan mengenai evaluasi pembelajaran pada mapel Bahasa Jawa kelas VII.

Untuk mendownload contoh soal klik disini

No comments:

Post a Comment